Pendidikan Sekolah Menengah


Australia merupakan tempat menuntut pendidikan sekolah menengah yang populer di antara siswa internasional. Bukan saja Australia menawarkan pendidikan yang bermutu dan diakui di dunia internasional, Australia juga memberikan lingkungan yang aman, nyaman dan multi-budaya. Pendidikan Australia bertujuan memberi siswa keterampilan-keterampilan untuk studi lebih lanjut dan pekerjaan di masa depan di mana pun di dunia.

Pendidikan sekolah menengah di Australia

Sekolah-sekolah menengah Australia atau ‘high schools’ menjalankan kerangka kurikulum nasional, yang berangsur-angsur dikembangkan dan dilaksanakan di sekolah-sekolah untuk memenuhi standar nasional yang tinggi dalam bahasa Inggris, matematika, ilmu pasti alam, sejarah, bahasa-bahasa, ilmu bumi, seni, kesehatan dan pendidikan jasmani, teknologi informasi dan komunikasi, kewiraan dan kewarganegaraan, ekonomi dan bisnis.

Untuk memperoleh akreditasi agar dapat menerima siswa internasional, suatu sekolah harus memberikan, atau mempunyai akses ke program-program bahasa Inggris khusus. Negara-negara Bagian dan Teritori di Australia memiliki sistem pendidikan sekolah menengah sendiri-sendiri, tetapi semuanya sama-sama mematuhi standar yang tinggi yang diharuskan oleh kurikulum nasional.

Di semua negara bagian dan teritori, Kelas 12 (kelas terakhir di sekolah menengah) dikenal dengan nama-nama berikut:

Negara Bagian

Nama ijazah setelah lulus Kelas 12

Australian Capital Territory (ACT)

ACT Year 12 Certificate

New South Wales (NSW)

NSW Higher School Certificate (HSC)

Northern Territory (NT)

Northern Territory Certificate of Education and Training (NTCET)

Queensland (QLD)

Queensland Certificate of Education

South Australia (SA)

South Australian Certificate of Education (SACE)

Tasmania (TAS)

Tasmanian Certificate of Education (TCE)

Victoria (VIC)

Victorian Certificate of Education (VCE)

Victorian Certificate of Applied Learning (VCAL)

Western Australia (WA)

Western Australian Certificate of Education (WACE)

Sekolah-sekolah menengah menawarkan mata pelajaran pilihan, struktur kelas dan bidang spesialisasi yang berbeda-beda. Selain mata pelajaran yang diberikan, ada baiknya anda menyelidiki fokus sekolah itu dan kegiatan luar sekolahnya (ekstra-kurikuler) untuk membantu anda mencari sekolah yang paling cocok dengan kebutuhan dan minat anda.

Uang sekolah rata-rata

Uang sekolah menengah untuk siswa internasional sangat berbeda-beda, dari AUD$6000 sampai $30.000 per tahun di sekolah swasta yang elit. Pentinglah untuk mengecek besarnya uang sekolah di masing-masing sekolah itu.

Syarat-syarat masuk

Syarat-syarat masuk berbeda-beda di seluruh Australia. Proses seleksi terdiri dari penilaian atas rapor sekolah si pelamar dan juga faktor-faktor lain, yang dapat termasuk prestasi d bidang olah raga dan bidang-bidang ekstra-kurikuler lain.

Studi lebih lanjut

Setelah siswa menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya, ia dapat melamar ke perguruan tinggi, tetapi ini tidak menjamin ia mendapat tempat. Penerimaan ke sebagian besar program pendidikan tinggi di Australia berdasarkan persaingan, baik bagi siswa internasional mau pun lokal.

Sekolah-sekolah kejuruan

Semakin banyak sekolah-sekolah Australia menawarkan mata pelajaran Vocational Education and Training (VET, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) sebagai bagian dari kurikulum sekolah. Mata-mata pelajaran ini memungkinkan siswa mendapat keterampilan yang praktis dan berdasar kerja selagi menyelesaikan pendidikan sekokah menengahnya dan merupakan komitmen Australia untuk memberikan pendidikan yang berimbang yang mempersiapkan siswa untuk kehidupan setelah sekolah menengah.

Program Diploma International Baccalaureate (IB)

Program Diploma IB (IB Diploma Programme) adalah pendidikan pra-universitas selama dua tahun untuk siswa-siswa yang bermotivasi yang berumur 16–19 tahun. Universitas-universitas di seluruh dunia mengakui ijazah ini. Ada juga program-program untuk siswa sekolah menengah pertama (umur 11–16 tahun) dan siswa sekolah dasar (umur 3–12 tahun).

International Baccalaureate Organization (Organisasi Baccalaureate Internasional) harus secara resmi menyetujui sesuatu sekolah sebelum sekolah ini dapat memberikan program IB. Ada sekitar 144 sekolah yang berwenang memberikan IB di Australia. Untuk keterangan lebih lanjut pergilah ke situs web International Baccalaureate Organization.